Menggunakan buku kerja bersama untuk berkolaborasi
Sebagai pemilik buku kerja bersama, Anda dapat mengelola dengan mengontrol akses pengguna ke buku kerja bersama dan mengatasi perubahan yang berkonflik. Saat semua perubahan telah dimasukkan, Anda bisa berhenti berbagi buku kerja.
![Berbagi data Excel Berbagi data Excel](https://support.content.office.net/id-id/media/83c55888-7ccd-4451-81fb-05ef9591a9f3.gif)
Apa yang ingin Anda lakukan?
Membagikan buku kerja
Untuk berbagi buku kerja, buat buku kerja baru atau buka buku kerja yang sudah ada yang ingin Anda buat tersedia untuk diedit Multipengguna.Catatan Tidak semua fitur yang didukung dalam buku kerja bersama. Jika Anda ingin menyertakan salah satu dari fitur berikut ini, Anda harus menambahkan sebelum Anda menyimpan buku kerja sebagai buku kerja bersama. Anda tidak bisa membuat perubahan ke fitur ini setelah Anda membagikan buku kerja.
Fitur yang tidak didukung dalam buku kerja bersama
Di buku kerja bersama, Anda tidak dapat:
|
Namun, fungsi ini tersedia:
|
Membuat tabel Excel |
|
Menyisipkan atau menghapus blok sel |
Anda bisa menyisipkan seluruh baris dan kolom |
Menghapus lembar kerja |
|
Menggabungkan sel atau memisahkan sel yang digabungkan |
|
Mengurutkan atau memfilter berdasarkan pemformatan |
Anda bisa mengurutkan atau memfilter menurut angka, teks,
atau tanggal, menerapkan filter bawaan, dan filter dengan kotak
Pencarian |
Menambahkan atau mengubah format bersyarat |
Anda bisa menggunakan format bersyarat yang ada saat nilai sel berubah |
Menambahkan atau mengubah validasi data |
Anda bisa menggunakan validasi data saat Anda mengetikkan nilai baru |
Membuat atau mengubah bagan atau laporan PivotChart |
Anda bisa menampilkan bagan dan laporan yang sudah ada |
Menyisipkan atau mengubah gambar atau objek lain |
Anda bisa menampilkan gambar dan objek yang sudah ada |
Menyisipkan atau mengubah hyperlink |
Anda bisa menggunakan hyperlink yang sudah ada |
Menggunakan alat menggambar |
Anda bisa melihat gambar dan grafik yang sudah ada |
Menetapkan, mengubah, atau menghapus kata sandi |
Anda bisa menggunakan kata sandi yang sudah ada |
Memproteksi atau membuka proteksi lembar kerja atau buku kerja |
Anda bisa menggunakan proteksi yang sudah ada |
Membuat, mengubah, atau menampilkan skenario |
|
Mengelompokkan atau membuat kerangka data |
Anda bisa menggunakan kerangka yang sudah ada |
Menyisipkan subtotal otomatis |
Anda bisa melihat subtotal yang sudah ada |
Membuat tabel data |
Anda bisa melihat tabel data yang sudah ada |
Membuat atau mengubah laporan PivotTable |
Anda bisa melihat laporan yang sudah ada |
Membuat atau menerapkan pemotong |
Pemotong yang sudah ada di buku kerja bisa dilihat
setelah buku kerja dibagikan, tetapi tidak dapat diubah untuk pemotong
mandiri atau diterapkan ulang ke data PivotTable atau fungsi Cube.
Filter apa pun yang diterapkan untuk pemotong tetap utuh, entah pemotong
itu mandiri atau digunakan oleh data PivotTable atau fungsi Cube di
buku kerja bersama. |
Membuat atau mengubah grafik mini |
Grafik mini yang sudah ada di buku kerja ditampilkan
setelah buku kerja dibagikan, dan akan berubah untuk mencerminkan data
yang diperbarui. Tetapi, Anda tidak dapat membuat grafik mini baru,
mengubah sumber datanya, atau mengubah propertinya. |
\Menulis, merekam, mengubah, melihat, atau menetapkan makro |
Anda bisa menjalankan makro yang sudah ada yang tidak
mengakses fitur yang tidak tersedia. Anda juga bisa merekam operasi buku
kerja bersama menjadi makro yang disimpan di buku kerja lain yang tidak
dibagi. |
Menambahkan atau mengubah 4 lembar dialog Microsoft Excel |
|
Mengubah atau menghapus rumus array |
Excel akan menghitung rumus array yang ada secara tepat |
Bekerja dengan data XML, termasuk:
|
|
Menggunakan formulir data untuk menambahkan data baru |
Anda bisa menggunakan formulir data untuk menemukan rekaman |
Berbagi buku kerja
-
Pada tab Tinjau , di grup perubahan , klik bagikan buku kerja
-
Di kotak dialog Bagikan Buku Kerja, pada tab Pengeditan, centang kotak Perbolehkan perubahan oleh lebih dari satu pengguna secara bersamaan. Ini juga memungkinkan penggabungan buku kerja.
-
Pada tab Tingkat Lanjut, pilih opsi yang ingin Anda gunakan untuk melacak dan memperbarui perubahan, lalu klik OK.
-
Lakukan salah satu hal berikut ini:
-
Jika ini adalah buku kerja baru, ketik nama dalam kotak nama File .
-
Jika ini adalah buku kerja yang sudah ada, klik OK untuk menyimpan buku kerja.
-
Jika ini adalah buku kerja baru, ketik nama dalam kotak nama File .
-
Jika buku kerja yang berisi link ke buku kerja atau dokumen lainnya, verifikasi link dan memperbarui semua link yang rusak.
-
Klik File tab dan klik Simpan
.
Pintasan keyboard tekan CTRL + S untuk menyimpan buku kerja.
Memverifikasi dan perbarui link ke buku kerja atau dokumen lain
-
Pada tab Data , dalam grup koneksi , klik Edit link.
catatan perintah Edit link tidak tersedia jika file Anda tidak berisi informasi tertaut.
-
Klik Periksa Status untuk memverifikasi status untuk semua link dalam daftar.
Catatan Ini mungkin memakan waktu beberapa saat jika ada banyak link, atau jika buku kerja sumber untuk link berada di jaringan lokasi jaringan dan kinerja lambat.
-
Memeriksa status di kolom Status , klik link, dan kemudian mengambil tindakan yang diperlukan.
Jika status Nya:
|
Lakukan tindakan ini:
|
Oke
|
Tidak ada tindakan diperlukan. Link bekerja dan terkini. |
Tidak diketahui
|
Klik Periksa Status untuk memperbarui status untuk semua link dalam daftar. |
N/A
|
N/A. Link menggunakan objek penautan dan penyematan
(OLE) atau Dynamic Data Exchange (DDE). Excel tidak bisa memeriksa
status jenis link. |
Kesalahan: Sumber tidak ditemukan
|
Klik Ubah sumber, dan pilih buku kerja yang lain. |
Kesalahan: Lembar kerja tidak ditemukan
|
Klik Ubah sumber, dan lalu pilih lembar kerja lain. Sumber yang mungkin telah dipindahkan atau diubah namanya. |
Peringatan: Nilai tidak diperbarui
|
Klik Perbarui nilai. Link tidak diperbarui ketika buku kerja dibuka. |
Peringatan: Klik Buka sumber, dan menghitung buku kerja dengan menekan F9
|
Atur buku kerja ke penghitungan otomatis. Untuk melakukan ini:
|
Peringatan: Beberapa nama tidak bisa diatasi hingga buku kerja sumber dibuka
|
Klik Buka sumber, beralih kembali ke buku kerja tujuan, dan lalu klik Periksa Status.
Jika ini tidak mengatasi masalah, buat pastikan bahwa nama tidak salah
eja atau hilang. Beralih ke buku kerja sumber, lalu pada tab rumus , dalam grup Nama yang ditentukan, klik Pengatur nama, dan Cari nama. |
Peringatan: Klik Buka sumber
|
N/A. Link tidak diperbarui hingga sumber terbuka. |
Sumber terbuka
|
N/A. Status link tidak dicentang. |
Nilai yang diperbarui dari nama file
|
Tidak ada tindakan diperlukan. Nilai yang telah diperbarui. |
Peringatan: Excel tidak bisa menentukan status link
|
Memperbarui nilai. Sumber yang mungkin berisi tidak ada
lembar kerja atau mungkin disimpan dalam format file yang tidak
didukung. Klik Perbarui nilai. |
-
Semua pengguna dengan akses ke berbagi jaringan memiliki
akses penuh ke buku kerja bersama kecuali Anda mengunci sel dan
memproteksi lembar kerja untuk membatasi akses. Untuk membantu
melindungi buku kerja bersama, pada tab Tinjau , di grup perubahan , klik Proteksi buku kerja bersama.
Ketika Anda memproteksi buku kerja bersama, Anda bisa mengatur kata
sandi yang semua pengguna harus memasukkan untuk membuka buku kerja.
-
Tidak semua fitur Excel didukung dalam buku kerja bersama. Untuk informasi selengkapnya, lihat bagian fitur yang tidak didukung dalam buku kerja bersama, sebelumnya dalam artikel ini.
Mengedit buku kerja bersama
Setelah Anda membuka buku kerja bersama, Anda bisa memasukkan dan mengubah data di dalam buku kerja reguler.Membuka buku kerja bersama
-
Klik File tab, dan lalu klik buka untuk menelusuri ke buku kerja.
-
Klik tab File, lalu klik Opsi.
-
Di kategori Umum, di bawah Personalisasi salinan Office Anda, di kotak Nama Pengguna, masukkan nama pengguna yang ingin Anda gunakan untuk mengidentifikasi pekerjaan Anda di buku kerja bersama, lalu klik OK.
Mengedit buku kerja
-
Masukkan dan edit data pada lembar kerja seperti biasa.
Catatan Anda tidak akan bisa menambahkan atau mengubah berikut ini: digabungkan sel, format bersyarat, validasi data, bagan, Gambar, termasuk gambar objek, hyperlink, skenario, kerangka, subtotal, tabel data, laporan PivotTable, proteksi buku kerja dan lembar kerja, dan makro objek.
Tidak semua fitur Excel didukung dalam buku kerja bersama. Untuk informasi selengkapnya, lihat bagian fitur yang tidak didukung dalam buku kerja bersama, sebelumnya dalam artikel ini.
-
Buat setiap filter dan pengaturan cetak yang Anda inginkan
untuk penggunaan pribadi Anda. Pengaturan pengguna setiap disimpan
secara individual secara default.
Tips Anda juga bisa menggunakan filter atau pengaturan cetak yang dibuat oleh pemilik buku kerja setiap kali Anda membuka buku kerja.
Untuk menggunakan filter asli dan pengaturan cetak
-
Pada tab Tinjau , di grup perubahan , klik Bagikan buku kerja.
-
Pada tab tingkat lanjut , di bawah sertakan dalam tampilan pribadi, kosongkan kotak centang pengaturan cetak atau pengaturan Filter , dan lalu klik OK.
-
Pada tab Tinjau , di grup perubahan , klik Bagikan buku kerja.
-
Untuk menyimpan perubahan ke buku kerja dan melihat perubahan yang telah disimpan pengguna lain sejak disimpan terakhir, klik Simpan
pada Toolbar akses cepat, atau tekan CTRL + S.
Jika kotak dialog Atasi Konflik muncul, atasi konflik tersebut.
Tips Untuk mengatasi konflik, lihat mengatasi perubahan yang berkonflik di buku kerja bersama, selanjutnya di artikel ini.
-
Anda bisa melihat siapa saja yang membuka buku kerja pada tab Pengeditan di kotak dialog Bagikan Buku Kerja (tab Tinjau, grup Perubahan, tombol Bagikan Buku Kerja).
-
Anda bisa memilih untuk mendapatkan pembaruan otomatis
tentang perubahan yang dilakukan pengguna lain secara berkala, dengan
atau tanpa menyimpan, pada Perbarui perubahan pada tab Tingkat Lanjut di kotak dialog Buku Kerja Bersama.
Menghapus pengguna dari buku kerja bersama
Jika diperlukan, Anda bisa memutuskan koneksi pengguna dari buku kerja bersama.Penting Sebelum Anda memutuskan koneksi pengguna, pastikan bahwa mereka telah menyelesaikan pekerjaan mereka pada buku kerja. Jika Anda menghapus pengguna aktif, tidak tersimpan pekerjaan mereka akan hilang.
-
Pada tab Tinjau, di grup Perubahan, klik Bagikan Buku Kerja.
-
Pada tab Editing, di daftar Siapa yang membuka buku kerja ini sekarang, tinjau nama-nama pengguna.
-
Pilih nama pengguna yang Anda ingin memutuskan koneksi, dan kemudian klik Hapus pengguna.
Catatan meskipun tindakan ini memutuskan koneksi pengguna dari buku kerja bersama, itu tidak mencegah pengguna mengedit buku kerja bersama lagi.
-
Pilih nama pengguna yang Anda ingin memutuskan koneksi, dan kemudian klik Hapus pengguna.
-
Untuk menghapus pengaturan tampilan pribadi pengguna dihapus, lakukan hal berikut:
-
Pada tab tampilan , di grup Tampilan buku kerja , klik Tampilan kustom.
-
Di daftar tampilan , Anda bisa memilih tampilan pengguna lain, dan lalu klik Hapus untuk menghapusnya.
-
Pada tab tampilan , di grup Tampilan buku kerja , klik Tampilan kustom.
Mengatasi perubahan yang berkonflik di buku kerja bersama
Konflik terjadi ketika pengguna dua keduanya mengedit buku kerja bersama yang sama dan cobalah untuk menyimpan perubahan yang mempengaruhi sel yang sama. Excel bisa menyimpan hanya satu perubahan dalam sel tersebut. Saat pengguna kedua menyimpan buku kerja, Excel menampilkan kotak dialog Atasi konflik untuk pengguna itu.-
Di kotak dialog Atasi Konflik, bacalah informasi tentang setiap perubahan dan perubahan berkonflik yang dibuat oleh pengguna lain.
-
Untuk menyimpan perubahan Anda atau perubahan pengguna lain dan melanjutkan ke perubahan berkonflik berikutnya, klik Terima Perubahan Saya atau Terima Perubahan Orang Lain.
Untuk menyimpan semua perubahan Anda atau semua perubahan pengguna lain selanjutnya, klik Terima Semua Perubahan Saya atau Terima Semua Perubahan Orang Lain.
-
Agar perubahan Anda menimpa semua perubahan lain tanpa menampilkan kotak dialog Atasi Konflik lagi, lakukan berikut ini:
-
Pada tab Tinjau, di grup Perubahan, klik Bagikan Buku Kerja.
-
Pada tab Tingkat Lanjut, di bawah Konflik perubahan antar pengguna, klik Perubahan yang disimpan akan diterapkan, lalu klik OK.
-
Pada tab Tinjau, di grup Perubahan, klik Bagikan Buku Kerja.
-
Untuk melihat bagaimana Anda atau pengguna lain mengatasi konflik sebelumnya, lakukan berikut ini:
-
Pada tab Tinjau, di grup Perubahan, klik Lacak Perubahan, lalu klik Sorot Perubahan.
-
Di daftar Kapan, pilih Semua.
-
Hapus kotak centang Siapa dan Di Mana.
-
Pilih kotak centang Buat daftar perubahan di lembar baru, lalu klik OK.
-
Pada lembar kerja Riwayat, gulir ke kanan untuk melihat kolom Tipe Tindakan dan Tindakan yang Kalah.
Perubahan berkonflik yang disimpan memiliki nilai Menang untuk Tipe Tindakan. Jumlah baris di kolom Tindakan yang Kalah mengidentifikasi baris dengan informasi tentang perubahan berkonflik yang tidak disimpan, termasuk data yang dihapus.
Tips Untuk menyimpan semua perubahan ke salinan buku kerja, klik Batal di kotak dialog Atasi Konflik. Lalu, simpan salinan file baru, yang meminta Anda mengetikkan nama baru untuk file tersebut.
-
Pada tab Tinjau, di grup Perubahan, klik Lacak Perubahan, lalu klik Sorot Perubahan.
Mengakhiri berbagi buku kerja
Sebelum Anda berhenti berbagi buku kerja, pastikan bahwa semua pengguna lain menyelesaikan pekerjaan mereka. Perubahan tidak disimpan akan hilang. Karena riwayat perubahan juga akan dihapus, Anda mungkin ingin mulai dengan pencetakan atau menyalin lembar kerja Riwayat ke buku kerja lain.Menyimpan salinan informasi Riwayat perubahan
-
Pada tab Tinjau, di grup Perubahan, klik Lacak Perubahan, lalu klik Sorot Perubahan.
-
Di daftar Kapan, pilih Semua.
-
Hapus kotak centang Siapa dan Di Mana.
-
Pilih kotak centang Buat daftar perubahan di lembar baru, lalu klik OK.
-
Lakukan satu atau kedua hal berikut ini:
-
Cetak lembar kerja Riwayat.
-
Salin riwayat ke buku kerja lain dengan melakukan hal berikut ini:
-
Pilih sel yang ingin Anda salin, dan klik Salin
pada tab Beranda di grup Clipboard .
-
Beralih ke buku kerja lain, klik tempat Anda ingin menempatkan salinan data, dan kemudian klik tempel
pada tab Beranda di grup Clipboard .
-
Pilih sel yang ingin Anda salin, dan klik Salin
-
Cetak lembar kerja Riwayat.
Berhenti membagikan buku kerja
-
Di buku kerja bersama, pada tab Tinjau, di grup Perubahan, klik Bagikan Buku Kerja.
-
Pada tab Pengeditan, pastikan Anda satu-satunya orang yang tercantum di daftar Siapa yang sedang membuka buku kerja ini.
Tips Untuk menghapus pengguna tambahan, lihat menghapus pengguna dari buku kerja bersama.
-
Hapus kotak centang Perbolehkan perubahan oleh lebih dari satu pengguna pada waktu yang bersamaan. Ini juga memungkinkan penggabungan buku kerja.
Perhatian Jika kotak centang ini tidak tersedia, Anda harus membuka proteksi buku kerja ini terlebih dahulu. Untuk menghapus proteksi buku kerja bersama, lakukan tindakan berikut:
-
Klik OK untuk menutup kotak dialog Bagikan Buku Kerja.
-
Pada tab Tinjau, di grup Perubahan, klik Buka Proteksi Buku Kerja Bersama.
-
Jika diminta, masukkan kata sandi, lalu klik OK.
-
Pada tab Tinjau, di grup Perubahan, klik Bagikan Buku Kerja.
-
Pada tab Pengeditan, hapus kotak centang Perbolehkan perubahan oleh lebih dari satu pengguna secara bersamaan. Ini juga memungkinkan penggabungan buku kerja.
-
Saat ditanya tentang dampaknya pada pengguna lain, klik Ya.
-
Klik OK untuk menutup kotak dialog Bagikan Buku Kerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar